Meski potensi gempa kecil,Wonogiri tetap waspada

Meski tidak sedasyat gempa di Nanggroe Aceh Darusalam,sepanjang pantai pulau jawa tetap berpotensi untuk terjadi gempa.Apalagi,gelombang air laut diperkirakan lebih tinggi dari pada gelombang air laut hari2 sebelumnya.oleh karena itu,pemerintah kabupaten wonogiri menghimbau warga tiga desa di pantaiselatan kabupaten wonogiri agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa.

Kepada stasiun klimatologi kelas1 semarang widada sulistya,senin{10/01},menyatakan,wilayah di sepanjang pantai selatan di samudra indonesia merupakan jalur pertemuan antara lempeng australia dan lempeng asia.

Pertemuan dua lempeng tersebut berpotensi mengalami petanahan,bergerak,dan dapat menimbulkan gempa,"Wilayah di sepanjang pantai selatan pulau jawa memang berpotensi rawan gempa.Keberadaan gempa itu sendiri tidak bisa diprediksi sehingga warga tetap di minta untuk tetap waspada,"katanya dengan tegas.

Menurut widada,dalam sejarah,gempa kecil berkekuatan 3-4 skala richter sudah beberapa kali melanda wilayah jawa timur,di banyuwangi dan bondowoso,serta di jawa barat.Berbeda dengan kejadian tsunami di aceh,gempa di wilayah ini tidak diikuti gelombang air laut yg tinggi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar